Bagaimana Pendapat Anda Dengan Blog Ini ?

JAM DUNIA

Saturday, June 11, 2016

kelakuan konsumen restoran

Selain makanan enak dan suasana nyaman, pelayanan yang baik juga menjadi nilai positif bagi restoran. Sayangnya beberapa kelakuan tamu sering membuat pelayan kesal dan memberi pelayanan buruk. ​

" Pelayanan ramah dan sopan akan membuat suasana bersantap di restoran makin menyenangkan. Tidak semua perilaku konsumen restoran menyebalkan pelayan. "

1. Kurang ​s​aling menghargai
Pada dasarnya semua orang memiliki martabat yang sama tanpa memandang usia, derajat dan pangkat. Begitu juga dengan para pelayan yang memberikan jasa pelayanan kepada para pengunjung resto.

Sebagai salah satu kewajiban profesi, para pelayan dituntut memberikan pelayanan terbaik kepada para pengunjung,memenuhi semua keinginan pengunjung selama di​ ​dalam resto. Namun bukan berarti pengunjung bebas melakukan apapun kepada pelayan.



2. Meninggalkan sisa makanan
Tidak semua orang memiliki jumlah porsi makan yang sama, ada yang bisa melahap makanan dalam porsi besar namun ada pula yang hanya mampu melahap dalam porsi kecil. Sementara porsi makanan resto biasanya sudah diatur sehingga tidak bisa disesuaikan dengan keinginan pengunjung.

Makanan yang tidak habis akan menjadi makanan sisa yang hanya akan berujung terbuang ditong sampah. Jika Anda tidak benar-benar lapar sebaiknya tidak memesan makanan dalam porsi besar, atau Anda hanya akan menjadi penyumbang sampah makanan ditong sampah.


3. Tidak memberi uang tip
Beberapa resto mempekerjakan pelayan dengan upah yang minimum, meski tidak meminta secara langsung banyak pelayan yang mengharapkan uang tip dari para pelanggan yang menggunakan jasanya. Beri uang tip sewajarnya yaitu sekitar 5 hingga 10 persen dari total pembayaran order Anda.


4. Memanggil dengan cara yang menyebalkan

Saat suasana resto sedang ramai, biasanya pelanggan akan memanggil pelayan dengan cara berteriak, mengangkat atau bertepuk tangan. Meski ini terlihat sebagai suatu hal yang wajar, sebenarnya sangat mengganggu bagi para pelayan.

Selain akan menambah suasana resto mejadi semakin ramai, ini juga akan mengganggu konsentrasi pelayan lainnya yang sedang melayani pengunjung dan mengganggu ketenangan suasana.


5. Banyak bertanya isi menu
Sebelum memutuskan untuk memesan makanan biasanya pengunjung akan diberikan daftar menu makanan yang bisa dipilih. Pastikan Anda benar-benar sudah memutuskan akan memesan menu makanan yang mana sebelum memanggil pelayan.

Jika memang mengalami kesulitan dalam memilih makanan tanyakan pada pelayan menu makanan yang benar-benar ingin Anda coba, jangan menanyakan menu yang sebenarnya tidak ingin Anda ​pesan​.


6. K​eluhan​ yang tidak wajar
Jika Anda tidak menyukai menu makanan yang disajikan atau pelayanan yang kurang memuaskan, sebaiknya disampaikan dengan cara yang wajar tanpa melukai atau mempermalukan di​ ​depan pengunjung lain.

Jika memungkinkan sebaiknya ​keluhan​ disampaikan kepada manajer resto, biarkan manajer yang akan menegur dan memberitahukan ketidak puasan Anda terhadap pelayanan resto kepada para pelayan.


7. Datang 5 menit sebelum tutup
Sebelum memutuskan untuk makan d​​i​ ​resto, pastikan Anda tidak datang dan memesan makanan 5 menit sebelum resto tersebut tutup. Meski salah satu hal yang wajar dan hak sebagai pengunjung untuk datang kapanpun selama jam operasi berlangsung, tapi ini justru merugikan bagi para pelayan resto.

Karena para pelayan resto akan menghabiskan waktu sekitar 45 menit lebih lama dibanding jam operasionalnya demi melayani Anda. Ini mungkin akan memakan waktu yang seharusnya dilakukan oleh pelayan untuk melakukan aktivitas lainnya.


 ~ JANGAN LUPA SHARE KEPADA YANG LAIN ~ 
  

NB ; SUMBER ARTIKEL DIATAS DIAMBIL DARI BERBAGAI SITUS .... !!!
 
 Official : xperianewz.blogspot.com 
© Pemilik Situs : Jeremi Hutapea
(-) 0813 – 4848 – 8987 / 0812 – 6263 - 7657
(*) Facebook : Jeremi Hutapea
(*) Twitter : jeremihutapea
(*) Instagram : Jeremi Hutapea

No comments:

Post a Comment